Geser Ke Bawah untuk baca artikel
Ekonomi

Hadiri Rakernas Apkasi 2023, Bupati Poso Optimis Potensi Daerah Pacu Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

32
×

Hadiri Rakernas Apkasi 2023, Bupati Poso Optimis Potensi Daerah Pacu Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang menghadiri langsung Kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) Tahun 2023.

POTRET SULTENG-Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang menghadiri langsung Kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) Tahun 2023, yang bersamaan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tangerang, Kamis 20 Juli 2023.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mewakili para Bupati memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Wapres Ma’ruf Amin, bisa menghadiri dua acara penting Apkasi tersebut.

Sutan Riska juga menyampaikan, selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, pemerintah daerah berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi.

Ia menambahkan sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian, Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial.

Apkasi saat ini sedang merancang forum perdagangan antar daerah yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah. Tujuannya untuk menekan keran impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok.

“Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka, dengan adanya perdagangan antar daerah kami meyakini, pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah akan terpenuhi secara merata,” terangnya.

Bupati Poso yang mengikuti rakernas yang sangat penting dan strategis itu juga mencermati dengan serius salah satu narasumber pembicara, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto yang menyebutkan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih berada diposisi kuat dan menjadi modal baik untuk menghadapi kondisi ekonomi global yang diprediksi melambat di 2023.

Menko Airlangga Hartanto juga menyebut upaya penguatan konektivitas untuk mendukung pengendalian inflasi yang dilakukan melalui pembangunann infrastruktur melalui Proyek Strategi Nasional serta terkait akses pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat yang didorong pemerintah salah satunya di sector pertanian.

Selain itu Menko Airlangga juga menyampaikan saat ini pemerintah tengah mendorong agar Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan diterapkan di daerah di mana perusahaan tersebut berkembang sehingga multiplier effect dari inveestasi di daerah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang optimis forum perdagangan antar daerah yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha yang tengah dirancang pemerintah dalam forum rakernas apkasi tahun 2023, dapat lebih mendorong percepatan dan peningkatan pembangunan di daerah.

“Tentu saja adanya forum tersebut, ada wadah yang memberikan penguaatan kepadaa kami di daaerah untuk bisa bekerjasama antar daerah dan antar asosiasi perusahaan lintas daerah untuk lebih intens dan focus memajukan berbagai potensi yang kami miliki di daerah sehingga percepaatan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang maju, tangguh dan terdepan dapat kami wujudkan bersama tanpa menunggu lama,” kuncinya.

Tinggalkan Balasan

Ekonomi

POTRET SULTENG-Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Poso, menggelar kegiatan gerakan pangan murah dan bantuan pangan. Pemberian bantuan pangan ini merupakan antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan…