Geser Ke Bawah untuk baca artikel
EkonomiNasional

PT Vale Temui Gubernur Sulteng Bahas PSN Blok Bahodopi: Perolehan Fiskal Daerah Lebih Meningkat Lagi

35
×

PT Vale Temui Gubernur Sulteng Bahas PSN Blok Bahodopi: Perolehan Fiskal Daerah Lebih Meningkat Lagi

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, POTRET SULTENG – PT. Vale Indonesia Tbk melakukan pertemuan bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura guna membahas Proyek Strategis Nasional (PSN) Blok Bahodopi.

Pertemuan yang dibungkus dalam suasana ramah tamah itu berlangsung khidmat dihotel Kempinski, Jakarta. Rabu,(23/8/23).

Forum ramah tamah juga sebagai momentum bertemunya para pihak sebagai pemangku kepentingan guna membahas langkah-langkah strategis yang harus disinergikan dalam rangka pelaksanaan kegiatan oleh PT. Vale Indonesia di Kabupaten Morowali.

Dalam sambutannya, Gubernur H. Rusdy Mastura menyambut baik atas rencana investasi PT. Vale Indonesia Tbk di Sulawesi Tengah. Sebab melalui kegiatan investasi, akan memberikan nilai tambah ekonomi bagi daerah dan masyarakat.

“Saya sering disebut sebagai Gubernur Kaya. Tetapi faktanya perolehan fiskal kita masih rendah. Sementara potensi sumber daya alam kita cukup besar untuk dikelola melalui kerja sama investasi. Olehnya kehadiran PT. Vale ini dapat membangun optimisme perolehan fiskal daerah dapat lebih meningkat lagi,” ujar Rusdy Mastura.

Lanjut mantan Walikota dua periode itu, jika fiskal daerah kita meningkat, maka banyak hal yang dapat dibangun.

Ia berharap investasi PT. Vale memberikan nilai tambah untuk masyarakat sekaligus berkontribusi meningkatkan kapasitas fiskal daerah Sulawesi Tengah.

“Alhamdulillah, diawal saya menjabat sebagai Gubernur, PAD kita diposisi 900 Milyar. Kini, diusia pemerintahan saya, capaian PAD menjadi 2 Trilyun. Semoga PT. Vale dapat menyumbangkan kewajibannya, sehingga PAD Sulawesi Tengah dapat melampaui capaian saat ini. Semoga PAD kita tahun 2024 meningkat menjadi Rp 2.008.000.000.000,” sebutnya.

Lebih lanjut, Bupati Morowali, Taslim berharap agar PT. Vale dalam perekrutan tenaga kerja, untuk lebih memprioritaskan angkatan kerja lokal sebagai pekerja.

Juga, pola pembinaan kepada masyarakat yang telah dilaksanakan PT. Vale Indonesia didaerah lain, agar dapat direplikasi di Kabupaten Morowali, agar masyarakat dapat merasakan nilai positif kehadiran PT. Vale Indonesia di daerah ini.

Sementara Kakanwil ATR/BPN Sulawesi Tengah, Fredy, menyampaikan bahwa pihaknya akan membantu seluruh proses pengadaan tanah guna mendukung program strategis Nasional di Sulawesi Tengah.

Selain itu, Budiansyah yang mewakili manajemen PT. Vale Indonesia, sangat berharap dan memohon dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Morowali serta dari seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Morowali, agar investasi ini dapat berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan