Geser Ke Bawah untuk baca artikel
KesehatanSosial Budaya

Kelelahan, Belasan Pengawas Pemilu di Buol Terpaksa Dilarikan ke Rumah Sakit

165
×

Kelelahan, Belasan Pengawas Pemilu di Buol Terpaksa Dilarikan ke Rumah Sakit

Sebarkan artikel ini
Aset: Istimewa

Sebanyak 9 anggota Kelompok Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan 2 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan serta 1 anggota Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di Kabupaten Buol saat ini sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Mokoyulri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buol, Karianto, membenarkan kejadian ini saat dihubungi PotretSulteng.com. Menurutnya, para anggota tersebut diduga mengalami kelelahan dan masalah kesehatan lainnya akibat menjalankan tugasnya sejak proses tahapan pendistribusian logistik hingga pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masih berlangsung.

“Seluruh anggota PTPS dan Panwaslu Kecamatan sebanyak 11 orang, saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Mokoyulri Buol, dan 1 anggota PKD masih di Puskesmas Bonobogu,” ujar Karianto pada Kamis (15/2/24).

Baca Juga: Tingginya Curah Hujan Timbulkan Banjir di Pinamula, Satu Anak Terseret Arus

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, mereka mengalami kelelahan serta masalah kesehatan lainnya, termasuk riwayat penyakit asam lambung yang kambuh.

“Hasil pemeriksaan dokter rumah sakit, bahwa mereka mengalami kelelahan serta telat makan, sehingga riwayat penyakit asam lambung telah kambuh di tambah lagi kondisi cuaca saat ini di wilayah Kabupaten Buol sedang di guyur hujan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Karianto menjelaskan bahwa kesembilan anggota PTPS yang sedang dirawat berasal dari Kecamatan Biau, Karamat, dan Tiloan, sementara dua anggota Panwaslu berasal dari Kecamatan Biau dan Momunu, dan satu anggota PKD berasal dari Kecamatan Bonobogu.

Karianto menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh pengawas pemilu dari tingkat kabupaten hingga TPS, mengingat proses pemilu masih berlangsung.

“Seluruh pengawas yang saat ini dalam perawatan, akan mendapatkan perhatian khusus dari pihak Bawaslu Kabupaten Buol,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan