Geser Ke Bawah untuk baca artikel
Sosial Budaya

Basarnas Palu Rayakan Ulang Tahun ke-52: Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa

112
×

Basarnas Palu Rayakan Ulang Tahun ke-52: Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa

Sebarkan artikel ini
Aset: Basarnas Palu

Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu meriahkan momen spesial peringatan hari ulang tahun ke-52 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pada Kamis (29/2/24).

Upacara yang digelar di halaman Kantor yang berlokasi di Jalan Elang Kota Palu, dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait, seperti DirPolairud Polda Sulteng, Danlanal Palu, DanDetasemen AU Palu, Danrem 132/Tadulako, Kepala Damkar Sulteng, Kepala Pelaksana BPBD Sulteng, Ka. Bandara Sis Al Jufri, Ka. BMKG Palu, Ka. KSOP Palu, serta perwakilan dari instansi terkait lainnya.

Kepala Subseksi Sumberdaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Muhammad Syahran Laturua, bertindak sebagai Inspektur upacara. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan perjalanan panjang Basarnas yang penuh dinamika, dari suka hingga duka. Tema perayaan tahun ini, “quick action, satu jiwa satu rasa,” menekankan pentingnya kecepatan dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.

“Tema tersebut merepresentasikan kecepatan kita dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat selama ini. Semakin cepat, maka semakin besar kemungkinan kita menyelamatkan korban. Kecepatan itu dilandasi dengan semangat pengabdian, keteguhan dan ketulusan hati, serta kebersamaan yang solid. Itulah ciri khas insan SAR dalam bekerja,” terang Syahran saat membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Kabadan juga menyampaikan lima poin penting yang harus dipegang teguh dalam bekerja, antara lain meningkatkan iman dan taqwa, menjaga profesionalisme, mewujudkan sinergitas, dan terus berinovasi.

Puncak acara ditandai dengan simulasi Vehicle Accident Rescue (VAR) oleh tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, yang menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pertolongan awal kepada korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) oleh tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

Tinggalkan Balasan