Geser Ke Bawah untuk baca artikel
PolitikSosial Budaya

Bawaslu Touna Gelar Apel Siaga Jelang Pemilu Serentak 2024: Siap Awasi Potensi Kecurangan

60
×

Bawaslu Touna Gelar Apel Siaga Jelang Pemilu Serentak 2024: Siap Awasi Potensi Kecurangan

Sebarkan artikel ini
Apel Siaga Bawaslu Touna. Aset: Diskominfo Touna

Menjelang pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu Serentak 14 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024. Acara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran.

Apel siaga, yang berlangsung di Lapangan eks STQH, Jalan Merdeka Kelurahan Uemalingku, Ratolindo, dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian dan Pembangunan, Hamid Lasodi, serta anggota Bawaslu Provinsi Sulteng, Ivan Yudharta, Kamis (8/2/24).

Ketua Bawaslu Touna, Taufik Rizal R. Liara, dalam arahannya menyampaikan bahwa apel siaga ini merupakan bagian dari kesiapan dalam tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Dia juga menekankan pentingnya pengawasan pada masa tenang, yang akan dilakukan pada tanggal 11, 12, dan 13 Februari.

“Fase ini banyak oknum-oknum yang ingin berupaya melakukan hal-hal yang nantinya bisa merugikan peserta pemilu,” ucap Taufik.

Ia juga menyoroti potensi kecurangan pada masa tenang, termasuk pemberian uang dan mobilisasi massa. Dia menegaskan perlunya koordinasi dengan peserta pemilu terkait alat peraga kampanye, yang tidak boleh disebarkan selama masa tenang.

Baca Juga: Bawaslu Touna Gencar Cegah Pelanggaran Netralitas ASN Menjelang Pemilu 2024

“Dimasa tenang, semua jenis metode kampanye mulai dari kampanye terbatas, tatap muka, rapat umum, bahkan penyebaran alat peraga sudah tidak boleh dilakukan di masa tenang,” kata Taufik.

Selain itu, tahapan penting lainnya adalah pengawasan pendistribusian logistik dari Kabupaten ke Kecamatan hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Taufik Rizal menekankan pentingnya memastikan logistik sampai ke TPS sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jajaran Panwaslu harus betul-betul memastikan logistik yang di distribusikan sampai ke TPS nanti benar benar sesuai SOP, Tidak Kurang, tidak rusak, dan tidak tertukar,” ungkapnya.

Apel siaga ini juga menjadi momentum bagi Ketua Bawaslu Tojo Una-Una untuk mengingatkan seluruh Panwaslu untuk menjaga kesehatan, sambil menekankan bahwa tugas dan tanggung jawab mereka adalah bentuk dedikasi kepada Negara dalam menyukseskan tahapan Pemilu.

Tinggalkan Balasan