Geser Ke Bawah untuk baca artikel
Pemerintahan

Hari Pahlawan, Pemda Poso Ziarah TMP dan Tabur Bunga di Pelabuhan

32
×

Hari Pahlawan, Pemda Poso Ziarah TMP dan Tabur Bunga di Pelabuhan

Sebarkan artikel ini

POTRET SULTENG-Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tingkat Kabupaten Poso diawali dengan Upacara Bendera di Halaman Kantor Bupati Poso pada Jumat pagi, 10 November 2023 yang dilanjutkan dengan ziarah ke TMP Kawua serta upacara tabur bunga di Pelabuhan Laut Poso.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos dengan Komandan Upacara KBO Lantas Polres Poso Iptu Risdianto.

Wakil Bupati Poso selaku inspektur upacara membacakan Sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia antara lain menyebutkan, Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” kata Menteri Sosial Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T dalam sambutan tertulisnya.

Mensos Tri Rismaharini juga menyebutkan bahwa Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“ Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi,” terangnya.

Dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau mati.

Selesaai Upacara Bendera rangkaian peringatan hari pahlawan di Poso dilanjutkan dengan ziarah ke TMP Kawua dan ziarah laut di pelabuhan Poso untuk mengenang para pahlawan kusuma bangsa baik yang gugur di medan pertempuran darat maupun di laut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1307/Poso diwakili Kasdim 1307/Poso Mayor Inf. Ahamd Jayadi, Kapolres Poso diwakili Kabagren Kompol Abidin,S.H, Ketua DPRD Kab. Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda,S.H.,M.H, Kejari Poso diwakili Kasi Datun Kejari Poso Rozy Haromain,SH, Danyon 714/SM diwakili Wadanyon 714/SM Kapten Inf Hanief, Dandenzipur 15/SLM diwakili oleh Wadanden Zipur 15/SLM Lettu Czi Enang Sofyan, Pj. Sekdakab Poso Ir, Herningsih Tampai, M.Si, Karutan Kelas IIB Poso Agung Sulistyo, AMd., IP. SH, Kepala BNN Kabupaten Poso AKBP Kahar Muzakir,S.H.,M.H, Wadanyon Brimobda Sulteng AKP Setyo Wibowo, Plh.Dansubdenpom XIII/2-2 Poso Letda Cpm Edy Lendra serta peserta upacara dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, Perhubungan, ASN, Mahasiswa dan Pelajar.

Tinggalkan Balasan

Ekonomi

POTRET SULTENG-Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Poso, menggelar kegiatan gerakan pangan murah dan bantuan pangan. Pemberian bantuan pangan ini merupakan antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan…