Geser Ke Bawah untuk baca artikel
Politik

KPU Buol Himbau Masyarakat Perbaharui Data Sebelum Jelang Pilkada

×

KPU Buol Himbau Masyarakat Perbaharui Data Sebelum Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Buol, Nanang.

POTRET SULTENG-Jumlah pemilih di Pilkada Kabupaten Buol disebut mengalami menurun, dibandingkan pada Pileg dan Pilpres.

Berdasarkan data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah pemilih pada Pileg dan Pilpres mencapai 109 ribu. Sementara, DP4 yang diterima saat ini jumlahnya hanya 108 ribu, sehingga mengalami penurunan 1000 pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubupaten Buol, Nanang mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah pemilih.

“Adanya masyarakat yang meninggal dunia, perubahan status, serta perpindahan penduduk keluar dari wilayah Kabupaten Buol,” ujarnya dalam keterangan diterima, Jum’at, 2 Agustus 2024.

Kata Nanang, KPU Buol akan memperbaharui data pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada. Hal tersebut untuk memastikan akurasi data.

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap suara yang sah dapat dihitung dengan akurat dan adil dalam proses Pilkada mendatang,” ungkapnya.

Menurutnya, KPU Kabupaten Buol terus mengimbau kepada masyarakat untuk memperbaharui data mereka.

Meski demikian, hal tersebut juga perlu adanya keterlibatan semua semua pihak untuk menjaga kelancaran dan keakuratan data pemilih.***

Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, menerima surat suara Pilkada 2024 sebanyak 231.871 lembar untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Donggala. Sedangkan surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur…

Politik

KPU Kabupaten Buol menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan Sistem Informasi Pertanggungjawab Anggaran Badan Adhoc (SITAB). Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan Sekretariat PPK dan operator bendahara se-Kabupaten Buol. Anggota KPU Kabupaten…